dd6xhGwqYy8Hb9L8NXF5UGzLHNvpiXVI6LGMRJ4y

Peralatan Kerja Elektronika Dasar Untuk Pemula




Sebelum Anda memulai proyek di bidang elektronika, pastikan Anda sudah membuat daftar alat yang diperlukan untuk pratik elektronika Anda. Tidak memiliki alat yang tepat dapat menyebabkan masalah seperti pemborosan waktu  dan kegagalan akan hasil.
Berikut adalah peralatan elektronika dasar yang dibutuhkan dalam praktek elektronika untuk yang baru mulai belajar dan mengenal tentang elektronika. 

1. Multimeter/AVOmeter


 
Multitester Digital


Terdiri dari alat ukur Amperemeter, Voltmeter dan
Ohmmeter yang dijadikan satu. Ada dua jenis Multimeter yang biasa digunakan yaitu Multimeter Digital dan Multimeter Analog. Fungsi Multimeter adalah untuk:
- mengukur nilai tegangan DC atau AC
- mengecek nilai tahanan resistor
- mengukur arus DC
- mengecek kondisi komponen seperti kapasitor, transistor, dioda, elco dll.
- mengecek hubungan/ koneksi.

2. Solder/ Patri

Solder Elektronika


Fungsinya adalah untuk melelehkan timah yang akan ditempelkan pada kaki komponen. Jenis solder juga dibedakan dengan berbagai besar Watt nya, dimana semakin tinggi Watt panas suhu juga tinggi. Sebagai remokemndasi, pilih lah solder yang memiliki fitur High Low Heating, dengan begitu Anda dapat memilih tingkatan panas solder yang diinginkan

3. Timah



Berfungsi sebagai media
penyambung antara dua buah atau lebih kaki komponen, ataupun kaki komponen dengan PCB

4. Pasta Solder atau Flux (Solder grease)

Solder grease

Pasta solder atau sering disebut sebagai solder paste adalah jenis senyawa yang memiliki fungsi untuk meminimalkan terjadinya lapisan oksidasi selama kegiatan penyolderan, selain itu pasta solder juga berfungsi mempermudah timah menempel pada kaki komponen atau media logam lainnya pada saat penyolderan


5. Solder Atraktor/ Solder Sucker

Solder sucker, Penyedot timah


Berfungsi untuk menghisap timah dari PCB pada saat akan melepas komponen yang rusak atau komponen yang akan diganti.

6. Pinset Keramik

Pinset digunakan untuk mencapit kaki komponen pada saat melakukan penyolderan. Selain itu juga berguna untuk memegang komponen pada saat proses perakitan pada PCB.

Gunanya untuk memegang benda/ komponen saat proses pemasangan atau pelepasan komponen dari PCB

7. Tang



Berguna untuk memotong kaki komponen setelah penyolderan, juga untuk memotong kabel atau kawat saat proses perakitan.

8. Obeng

     Berguna untuk melepas/ mengencangkan skrup/ baut dengan kepala + atau - . Pastikan memilih obeng yang ada daya magnetnya agar mudah dalam pengambilan dan pemasangan baut. Dan jika ada dana lebih, bisa membeli obeng dengan ukuran besar dan kecil.

9. Pisau atau Cutter




Fungsinya untuk memotong dan mengupas kabel. Cutter juga bisa digunakan untuk membersihkan kaki komponen yang kotor sebelum penyolderan.

Baca juga...

Baca juga...

Posting Komentar