2019-06-27

Gynaecological Examination atau Meja/Kursi Ginekologi

Gynaecological Examination Table
Pic by: Dalcross Medical Equipment

A. Definisi dan Fungsi Alat

Gynaecological Examination

    Gynaecological Examination atau Obgyn examination dapat berupa examination table (meja) dan examination Chair (kursi), dan gabungan dari keduanya atau bisa disebut combi-gyn.

Meja ginekologi atau ranjang ginekologi (bed/chair obgyn), adalah tempat tidur/kursi khusus yang dilengkapi dengan penyangga kaki. Tempat tidur/kursi ini dipakai media untuk memeriksa bagian dalam rahim seorang wanita, pemasangan/pelepasan alat kontrasepsi, pemeriksaan kehamilan dan untuk melahirkan, atau keperluan lain yang berkaitan dengan obgyn.

Pada kesempatan kali ini sebagai review atau pengenalan tentang Gynaecology examination saya ambil jenisnya adalah tipe Combi-gyn examination, yaitu gabungan dari meja dan kursi. Salah satu contohnya Produk Combi-Gyn 016-2050 dari Tarsus SWEDEN

Combi-Gyn 016-2050
Pic by: Tarsus SWEDEN
        Combi-Gyn adalah gabungan meja pemeriksaan dan kursi ginekologi dengan motor hidrolik listrik untuk mengatur tinggi dan posisi Trendelenburg. Trendelenburg adalah posisi berbaring pada tempat yang datar di mana kepala berada lebih rendah daripada pelvis. Ini adalah posisi standar untuk pembedahan abdominal atau ginekologi. Sasis berwarna chrome atau berlapis putih tabung baja. Sandaran dikendalikan dengan hidrolik atau listrik motor.  Dukungan/penyangga kaki tersedia dalam dua macam (kiri dan kanan), dan terpasang pada rel aksesori yang membentang di sepanjang bantal kursi, dan pada rel tersebut juga bisa digunakan untuk menempelkan aksesoris tertentu lainnya.


B. Bagian-bagian Combi-Gyn




No.Deskripsi
1Gas spring for back support
2Paper-roll holder
3Castor standard
4Castor directional locking
5Lift Motor Linak
6Backrest motor Linak
7Trendelenburg motor Linak
8Foot control two motors, Linak
9Foot control three motors, Linak
10Hand control two motors, Linak
11Hand control three motors, Linak
12Locking handles, large
13Locking handles, small
14Pads leg supports

Aksesoris



C. Pengoperasian


  1. Catudaya
    - Koneksi steker Combi-gyn harus dihubungkan ke sumber listrik AC 230V yang diarde.
  2. Penyesuaian tinggi meja

    - Foot control dan Hand control
    *Catatan: Pastikan tidak ada orang yang tidak berwenang berada dalam jangkauan sofa, seperti ada bahaya terjepit saat menaikkan dan menurunkan meja/kursi.
  3. Posisikan pasie pada Combi-Gyn
    Untuk menjaga keselamatan pasien, penting bagi staf pengguna alat untuk membantu pasien duduk dengan benar dan unit alat diposisikan dengan benar saat melakukannya.
    (a)


    Sebelum pemeriksaan:
    a. Tempatkan combi-gyn seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas.
    b. Kunci kunci central lock dengan menekan tuas pada roda. pastikan roda selalu terkunci selama pemeriksaan!
    c. Turunkan kursi ke posisi terendah. guna memudahkan angkat pasien untuk duduk ditengah bantal kursi dan bersandar pada bantal sandaran.
    d. Ketika pasien bangun lagi, penting untuk menggenggam pasien pegangan (opsional, gambar 4) dan bukan kaki yang mendukung. Dukungan kaki tidak dirancang untuk tujuan ini.
    (b.)


    Catatan: Berhati-hatilah saat memeriksa pasien yang sedikit lebih berat. Untuk kapasitas beban maksimum, pastikan untuk mengikuti langkah 1-4 di atas.
  4. Menyesuaikan sandaran

    Hidraulik / Gas Spring
    Tarik gagang pada hidraulik/ gas spring (tanda panah pada gambar a.) yang mengunci posisi sandaran, gas spring akan angkat sandaran (dapat disesuaikan)dan setelah didapatkan posisi sandaran yang diinginkan, lepaskan kembali gagang hidraulik/gas spring yang ditarik. Untuk menurunkan sandaran tarik lagi gagang hidraulik/gas spring sambil mendorong sandaran turun. 

    Catatan! Pastikan tidak ada orang yang tidak berwenang berada dalam jangkauan sofa, karena a bahaya terjepit ada saat menaikkan dan menurunkan produk.

    !!! This article is currently being update 27/06/19 13:58 !!!



Tidak ada komentar:
Tulis komentar